Tips Persiapan Keberangkatan Haji / Umrah

Bagi yang berkesempatan untuk berangkat ke tanah suci, berikut  tip-tip yang mudah-mudahan dapat membantu agar ibadah haji dapat terlaksana dengan baik:  

Persiapkan keberangkatan :
1. Belilah buku untuk mendalami ibadah haji, jangan cukup puas dengan informasi yang diperoleh dari bimbingan haji atau dari manasik haji saja.
2. Selama di tanah air, hafalkan do'a-do'a tepat untuk menunjang ibadah haji.
3. Selama menunggu keberangkatan menuju Baitullah, perbanyak sholat taubat, tahajud, dhuha serta sholat sunat lainnya dan mohon agar segala dosa dan aib yang dimiliki ditutup dan diampunkan disana. 4. Jaga stamina dan kesehatan, dengan olahraga teratur. Sedikitnya dengan berjalan jauh dipagi hari, karena disana banyak aktivitas perjalanan jauh (jalan kaki) dan fisik harus kuat, pola makan dan tidur yang teratur.
5. Tulis wasiat, jika perlu, kita perlu sadari, seandainya Tuhan mentakdirkan kita tidak  pulang kembali, yang ditinggalkan lebh mudah menerima keputusan wasiat yang sudah ditulis.
6. Bawalah pakaian sekedarnya. Ingat berat bawaan ada quotanya alias terbatas. Banyak barang kebutuhan lain yang akan dibawa. Seperti keperluan mencuci, setrika, dll.
7. Bawalah bekal makanan yang langsung dimakan. Seperti rempeyek, dendeng, ikan asin (boleh mentah),
indomie, rendang, keripik kentang.
8. Bawalah Obat-obatan yang sangat perlu, seperti obat batuk, pilek, obat sakit perut, dan perangkat obat luka.serta lotion kulit anti cuaca panas udara kering.
9. Siapkan Uang Real. Belilah pada saat masih murah.
10. Bawalah kamera untuk mendokumentasikan kegiatan anda.

Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar