Pola Hidup Sehat - Info Haji dan Umroh

Breaking

Pola Hidup Sehat

Persyaratan utama untuk menunaikan ibadah haji adalah istithoah  (memiliki kemampuan.)  Selan kemampuan mempunyai uang untuk membayar ONH juga kemampuan memberi bekal bagi keluarga yang ditinggalkan. 
Ibadah haji memang berat ditinjau dari olah fisik . Ada kegiatan ibadah yang dilakukan berulang-ulang dengan menempuh suatu jarak  dan hitungan tertentu misalnya thawaf, sa’i dan lempar jumrah. Ada kegiatan ibadah yang harus berada di udara terbuka semalam suntuk yaitu  mabit di muzdhalifah dan lain-lainnya. Sekali lagi pola hidup sehat sangat penting.
Pada setiap musim haji, ada joke yang selalu terdengar ” yang tidak batuk hanya ada dua golongan yaitu tiang listrik dan unta “. Hampir semua jamaah terserang penyakit batuk.Tak heran jika disela-sela imam membaca surat Al Fatihah  dan surat lainnya, para makmum mengiringinya dengan batuk secara berjamaah.
Para jamaah haji, selain menghadapi cuaca panas juga akan menghadapi musim dingin. Bagi yang tidak biasa, cuaca dingin dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan antara lain kulit gatal,  alergi-timbul bintik merah-merah dikulit yang kalau digaruk nikmat bener rasanya, bibir dan  telapak kaki pecah-pecah, dan asma.
Subhanallah. dengan pola hidup sehat semoga kita bisa melaksanakan ibadah haji dengan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TopMenu