Paket Umroh Murah Promo 2022 - 2023

Tips Mengatur Waktu Pada Saat Haji Dan Umrah

|
1. Niat dan Tekad

Sejak awal berangkat dari tanah air, hendaknya Anda sudah berniat dan bertekad akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat di Makkah dan Madinah. Bahkan juga bertekad memanfaatkan waktu dengan baik mulai keberangkatan naik pesawat hingga selesai ibadah haji.

2. Rencanakan Ibadah Anda

Pepatah mengatakan ” Tanpa Penerencanaan, Anda sama saja dengan Merencakanan Kegagalan”. Pepatah ini juga berlaku dalam ibadah haji dan umrah. Tanpa perencanaan yang baik, ibadah haji/umrah Anda kurang sempurna.

Anda harus merencakanan ibadah haji Anda. Kalau perlu tulis rencana Anda dalam kertas dan jadikan ia sebagai janji kepada diri sendiri untuk dilaksanakan. Tulis apa saja yang akan Anda lakukan nanti di masa haji. Target apa yang akan Anda capai. Kebiasaan apa saja yang akan Anda lakukan di masa haji.

Sebagai contoh, Anda bisa merencanakan dan menulis rencana serta target Anda seperti ini :

sholah jamaah 5 waktu
membaca Al Quran sehari 1 juz, atau setiap selesai shalat
thawaf sunnah setiap hari
shalat malam setiap hari
membaca buku manasik sebelum beramal dan buku agama
menghafal doa-doa
hanya berkata yang baik-baik
tidak banyak ngobrol dan menggunjing orang
dan sebagainya

3. Bawa Perlengkapan Ibadah Anda

Persiapkan dari rumah untuk membawa alat-alat ibadah yang Anda perlukan. Seperti Al Quran,peci, mukena, buku agama, buku manasik, dll. Bahkan jika Anda memiliki alat-alat audio, ataupun HP yang bisa memutar bacaan Al Quran, bawa saja. Dan jika Anda kelupaan membawa alat-alat ibadah, Anda bisa membeli di sana.

4. Hindari Perbuatan Sia-Sia

Ingatlah tujuan Anda pergi ke tanah suci adalah beribadah. Hindari perbuatan yang sia-sia, atau bahkan menambah dosa. Contoh perbuatan yang sia-sia antara lain :

Terlalu banyak ngobrol yang tidak berguna
Banyak berbelanja, lupa ibadah
Jalan-jalan kesana kemari yang tiada guna
Terlalu banyak makan, ngemil, atau cari makan di luar
Telpon, SMS yang tidak berguna
dan sebagainya
Tinggalkan semua perbuatan yang sia-sia. Berfokuslah untuk membiasakan diri memanfaatkan waktu dengan baik untuk beribadah kepada Allah.

5. Pilih Teman Yang Rajin Ibadah

Teman sangat mempengaruhi kita dalam segala hal. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa menolak ajakan teman. Karena itu, saat ibadah haji, pilihlah teman yang rajin ibadah. Sehingga Anda juga ‘ketularan’ rajin ibadah. Dan Ada bisa memanfaatkan waktu ibadah haji Anda dengan baik

Saat ibadah haji, Anda akan menemukan banyak tipe manusia dengan latar belakang yang beragam. Ada yang rajin ibadah. Ada juga yang suka ngobrol. Dan ada juga yang suka belanja dan bingung memikirkan oleh-oleh untuk saudara di tanah air.

Jika Anda benar-benar bertekad memanfaatkan waktu Anda dengan baik, maka Anda pasti memilih teman yang rajin ibadah. Sehingga Anda benar-benar bisa memanfaatkan waktu haji Anda dengan baik

6. Tinggalkan semua urusan dunia

Berfokuslah pada saat ibadah haji dan umrah hanya untuk ibadah saja. Tinggalkan semua urusan bisnis dan pekerjaan. Saat hendak berangkat haji, hendaknya semua urusan bisnis dan pekerjaan selesai. Dan saat Anda tinggalkan, Anda harus yakin semuanya akan baik-baik saja.

 Semoga Anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik pada masa ibadah haji.

Semoga bermanfaat…


Informasi dan Pendaftaran
Hubungi : Rahmad Arifudin
Telp. 021-40487788, 087884412164

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar