Paket Umroh Murah Promo 2022 - 2023

Cara Cek Porsi Haji pada HP Android

|
APLIKASI HAJI

Cara Cek Porsi Keberangkatan Haji

Cara cek porsi keberangkatan melalui HP android

Mengingat jumlah kuota jemaah haji yang berubah-ubah tiap tahun, penting untuk para pendaftar mengecek nomor porsi keberangkatan.


Ibadah haji merupakan Rukun Islam yang kelima setelah syahadat, sholat, puasa, dan zakat. Tentu bagi yang mempunyai rezeki berlebih, menunaikan ibadah haji merupakan kenikmatan tersendiri. Namun dalam praktiknya, proses untuk menjalankan Rukun Islam kelima itu harus melalui jalan yang berliku. Maklum, setiap tahunnya ada kuota yang membatasi pendaftar haji untuk berangkat ke Tanah Suci. Pada 2019 ini, kuota jamaah haji Indonesia sekitar 204.000 orang yang dibagi untuk 34 provinsi.

Jumlah pendaftar tidak boleh melebihi jumlah kuota yang ditetapkan oleh Kementerian Agama tiap tahunnya. Jika ada yang sudah mendaftar pada saatkuota telah terpenuhi, maka pendaftar  akan didaftarkan untuk tahun keberangkatan selanjutnya. Mengingat jumlah kuota jemaah haji yang berubah-ubah tiap tahun, penting untuk para pendaftar mengecek nomor porsi keberangkatan. Nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran yang didapatkan jemaah ketika membayar setoran awal di bank penerima setoran guna pembiayaan atau ongkos naik haji.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek nomor porsi keberangkatan haji. Yang pertama, bisa melalui aplikasi di smartphone. Kemudian yang kedua bisa melalui website resmi yang disediakan oleh Kementerian Agama.

Berikut langkah-langkah mengecek porsi keberangkatan melalui aplikasi Android:
  1. Buka Play Store
  2. Cari aplikasi Haji Pintar
  3. Lakukan instalasi
  4. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi
  5. Setelah aplikasi berjalan, pilih menu Estimasi Keberangkatan  
  6. Masukkan nomor porsi haji
  7. Klik Submit
  8. Informasi akan tampil
Aplikasi Haji Pintar ini menampilkan informasi porsi haji dengan cukup detail. Setelah nomor porsi kita masukkan, aplikasi ini akan menampilkan informasi seperti nomor porsi, nama, tahun perkiraan keberangkatan, asal kota dan kabupaten, jumlah kuota provinsi, serta posisi porsi pada kuota provinsi. Aplikasi ini juga membutuhkan koneksi internet untuk dapat memberikan informasi mengenai porsi keberangkatan haji tersebut.

Adapun cara yang kedua terbilang lebih simpel karena tak perlu mengunduh aplikasi apapun. Hanya perlu mengakses website Kementerian Agama untuk mendapatkan data-data tersebut, berikut langkahnya:
  1. Buka website haji.kemenag.go.id
  2. Klik menu dropdown Basis Data
  3. Klik Perkiraan Keberangkatan
  4. Masukkan nomor porsi yang Anda punya ke kolom yang disediakan
  5. Klik cari
  6. Seluruh informasi yang Anda butuhkan akan ditampilkan
Informasi lebih lanjut mengenai Haji dan Umroh, silahkan menghubungi Kami di:
08788-441-2164 (bisa Whatsapp)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar