Bagaimana Cara Memilih Travel Umroh?

Ibadah Umroh merupakan kebutuhan bagi masyarakat Muslim. Saat ini banyak sekali bermunculan perusahaan travel atau biro perjalanan Umroh yang sering disebut Travel Umroh, yakni sebutan untuk biro penyelenggara perjalanan ibadah Umroh.
Perusahaan Travel Umroh akan membantu kita untuk menunaikan ibadah Umroh dengan lebih mudah dan terasa nyaman.
Travel Umroh akan membantu mempersiapkan segala keperluan terkait perjalanan religi seperti pengurusan visa Umroh, tiket pesawat, booking hotel, konsumsi Jemaah, transportasi selama ibadah Umroh dan tentunya jasa pendampingan selama menjalankan ibadah Umroh.
Untuk memilih travel Umroh kita harus berhati-hati. Terlebih lagi, akhir-akhir ini, kita banyak mendengar ada perusahaan yang menggelapkan dana amanah ibadah Umroh atau melakukan penipuan terhadap para calon Jemaah.
Banyak Jemaah umroh yang  kecewa, karena niat mereka untuk ibadah Umroh harus tertunda dikarenakan kasus ini. Jangan sampai hal serupa kita alami.
Berikut 10 tips untuk memilih  jasa travel Umroh yang aman.
#1 Pilih Travel Resmi Yang Terdaftar Di Kementerian Agama
Untuk dapat terdaftar  resmi di Kementerian Agama, sebuah travel Umroh harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dan memiliki surat-surat izin berikut ini, yaitu:
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK Menteri Kehakimah: Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)
  • Sertifikat Anggota Amphuri
Untuk melihat travel Umroh resmi yang terdaftar di Kementerian Agama, bisa di akses melalui link KEMENTRIAN AGAMA RI. (Klik Huruf Berwarna Biru)
#2 Periksa Alamat Kantor Travel
Sebelum kita menentukan travel yang mana akan kita pilih, pastikan lakukan survei atau pengecekan kantor travel yang akan kita gunakan jasanya.
Pastikan wujud kantornya ada dan bisa dipercaya.
#3 Perhatikan (Track Record) Rekam Jejaknya
Travel Umroh yang baik dan terpercaya pastinya memiliki track record yang bagus juga.
Untuk melihat rekam jejak travel Umroh tersebut, kita dapat memperhatikan mulai tanggal didirikannya travel. Makin lama travel Umroh mulai aktif memberangkatkan jamaah, makin banyak pengalaman perusahaan tersebut dalam melayani Jemaah.
Selanjutnya perhatikan sudah berapa kali travel Umroh menyelenggarakan perjalanan ibadah Umroh.
Semakin sering suatu perusahaan Travel Umroh tersebut melakukan pemberangkatan Jemaah, membuktikan bahwa travel Umroh tersebut mempunyai kredibilitas yang baik. Hal ini  akan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk perjalanan ibadah Umroh.
#4 Jangan Tergiur Dengan Harga Murah
Hal inilah yang dialami oleh pengguna jasa First Travel. Mereka tergiur karena harga paket yang ditawarkan oleh First Travel sangat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jasa travel lain. 
Waspadalah dengan travel yang menawarkan paket perjalanan ibadah Umroh dengan harga yang murah, bahkan saking murahnya hingga tidak masuk akal. Namun, menawarkan fasilitas kelas satu selama perjalanan.
#5 Cek Kembali Fasilitas Yang Diberikan
Travel Umroh yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan dan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan travel Umroh.
Hal ini tentunya sebanding dengan harga yang harus Anda bayarkan. Jadi pastikan Anda memperhatikan fasilitas apa saja yang diberikan travel Umroh agar Anda tidak merasa kecewa nantinya.
#6 Cek Cara Pembayaran
Travel Umroh yang memiliki izin resmi umumnya selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Pastikan travel Umroh yang dipilih memiliki rekening atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi.
Jadi, berhati-hati jika menemui travel Umroh yang meminta untuk melakukan pembayaran ke rekening pribadinya.
Travel Umroh yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan dan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan travel Umroh.
#7 Gali Informasi Dari Kerabat
Sebelum memilih  travel Umroh, ada baiknya bertanya kepada kerabat yang pernah melakukan perjalanan ibadah Umroh atau kerabat yang memang mengetahui travel Umroh yang sesuai dana aman.
Bagaimana Cara Cek Travel Umroh Yang Aman Terpercaya ?
Bagaimana Cara Cek Travel Umroh Yang Aman Terpercaya ?
Mencari informasi sebanyak mungkin tentang kepuasan fasilitas dan pelayanan yang diberikan travel Umroh tersebut
#8 Tanyakan Ada Atau Tidaknya Pembimbing Saat Ibadah Umroh
Pastikan travel yang dipilih telah menyediakan pembimbing ibadah Umroh yang akan menemani selama perjalanan ibadah di Tanah Suci.
Keberadaan pembimbing dirasa sangat penting bagi Jemaah. Dengan pembimbing yang selalu menemani maka kita tidak kesulitan saat beribadah.
Misalnya, Muthawif atau pembimbing umroh akan mengarahkan kita dalam menjalankan rukun Umroh, memandu saat kita berkunjung ke tempat wisata, bahkan pembimbing dapat menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan penduduk setempat.
#9 Jangan Pilih Travel Umroh Yang Menjanjikan Keberangkatan
Jika menemui travel Umroh yang menjanjikan keberangkatan Umroh satu atau dua tahun lagi, dengan alasan apapun, hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Kegiatan Umroh bukanlah kegiatan ibadah Haji yang harus mengantri karena banyaknya Jemaah yang mendaftar dan terbatas pada kuota-kuota Haji tiap tahunnya.
biaya umroh
Biaya Umroh
Umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, selama telah melunasi pembayaran paket Umroh yang telah dipilih.
Sebaiknya hindari travel  yang menjanjikan keberangkatan Umroh terlalu lama, karena hal ini sangat berisiko batalnya keberangkatan. Kalau bisa segera berangkat kenapa harus menunggu lama.
#10 Hindari Travel Umroh Yang Menggunakan Sistem MLM
Dalam sistem ini, biasanya calon Jemaah diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk bergabung. Setelah bergabung, calon Jemaah harus dapat mengajak orang lain untuk bergabung dan menjadi downline. Hingga terkumpul downline yang telah ditentukan, barulah dapat berangkat ibadah Umroh.
Sistem ini sebenarnya hanya mengacu kepada keuntungan semata dan travel Umroh ini tidak memfokuskan pada pelayanan jasa yang baik. Di sisi lain, banyak para ulama yang mengharamkan sistem Multi Level Marketing (MLM) karena dianggap menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.
Berhati-hati Tidak Ada Salahnya
Berdasarkan pembahasan sebelumnya, Anda perlu memilih travel Umroh yang dapat dipercaya dengan track record yang baik. Hal ini akan menjamin perjalanan ibadah Umroh Anda. Berhati-hatilah dalam menentukan pilihan travel Haji dan Umroh agar Anda tidak mengalami kekecewaan yang mendalam. Tidak ada salahnya berhati-hati setiap saat.