7 Langkah Hindari Virus MERS Cov Saat Umroh




Virus corona atau MERS sudah menyebar ke beberapa tempat dan tidak hanya ada di Arab Saudi. Karena itu Anda harus waspada. Berikut tujuh saran dari Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI, Prof Tjandra Yoga Aditama, Selasa (29/4/2014) untuk Anda yang akan pergi umroh atau pergi ke Jazirah Arab.
  1. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) seperti konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup dll). Ini penting karena penyakit terjadi karena ketidaakseimbangan antara host, agent, environment
  2. ‎Rajin dan seringlah Cuci Tangan Pakai Sabuh (CTPS), yang secara ilmiah sudah terbukti dapat mencegah penularan penyakit.
  3. Sedapat mungkin gunakan masker bila sedang dalam kerumunan orang.
  4. Bila memang punya penyakit kronik (DM, penyakit jantung paru kronik, gangguan ginjal atau penyakit kronik lain), maka cek lah ke dokter anda sebelum bepergian ke jazirah Arab, dan gunakan obat rutinnya secara teratur.
  5. Kalau selama di Arab ada keluhan batuk, demam dll (sesak) yang cepat (dalam 1-2 hari) memburuk, maka segera konsultasi pada petugas kesehatan.
  6. Bila dalam kurun waktu 14 ‎hari sampai di tanah air mengalami keluhan2 batuk, demam dll (sesak) yang cepat (dalam 1-2 hari) memburuk, maka segera konsultasi pada petugas kesehatan, dan beritahu petugas kesehatan bahwa anda baru kembali dari Arab.
  7. Karena situasi penyakit MERS CoV ini m‎ungkin saja berubah dari hari ke hari, maka kalau memang ada rencana Umroh atau bepergian ke jazirah Arab maka selalu ikuti berita akurat mutakhir tentang perkembangan MERS CoV ini

(sumber: liputan6.com) 
Previous
Next Post »
0 Komentar