Menteri Agama: Ongkos Haji Naik - Info Haji dan Umroh

Breaking

Menteri Agama: Ongkos Haji Naik

Menteri Agama: Ongkos Haji Naik

Menteri Agama Suryadharma Alie mengatakan, BPIH (biaya perjalanan ibadah haji) atau ongkos haji tahun 2012 diperkirakan akan naik dibandingkan tahun 2011.Menurut Suryadharma, setidaknya ada tiga tanda yang mengindikasikan kenaikan ongkos haji tersebut.

"Indikasi yang pertama adalah, pada tahun 2011, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS adalah sekitar Rp. 8.200 – Rp 8.300,- Sedangkan saat ini Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar As adalah sekitar Rp. 9.000 – Rp. 9.300,-." kata Suryadharma Alie. (JCC, Senin 12/3/2012).

“Indikasi kedua penyebab ongkos haji naik yaitu, kenaikan harga minyak mentah dunia, sehingga biaya penerbangan diperkirakan juga akan meningkat. Harga minyak mentah dunia pada tahun 2011 mencapai 67-80 dollar AS per barrel. Pada tahun 2012, harga tersebut melonjak hingga mencapai 120 dollar AS per barrel,” kata Suryadharma Alie.

"Selain itu, karena adanya pembongkaran di sekitar masjid, menyebabkan biaya sewa perumahan di ring satu Mekkah meningkat," kata Suryadharma.

“Saat ini, Kementerian Perhubungan tengah menghitung biaya penerbangan ke Jeddah. Informasi tentang  apakah pemerintah akan menetapkan tarif BPIH (ongkos haji) batas atas, hal tersebut akan tergantung tarif penerbangan,” kata Suryadharma Alie. Pada tahun 2011, Komisi VIII DPR dan Kemenag mematok biaya BPIH sebesar Rp 30,771 juta, atau turun sekitar Rp 230.000 dibandingkan pada 2010. 

Kita doakan, semoga keputusan pemerintah untuk menaikkan ongkos haji tidaklah membuat kita sebagai calon jamaah haji menurunkan niat berangkat ke Tanah suci. Bahkan sebaliknya, kita semakin kuat berdoa agar apapun permasalahan yang ada di depan kita dapat kita lewati, sehingga suatu saat nanti kita akan tersenyum di depan Ka’bah, bahwa dengan ijin-Nya, kita adalah manusia-manusia pilihan yang siap menjalani dan menghadapi cobaan apapun, yang semuanya berawal dari Allah swt. Amin..

=============

Link terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TopMenu