Dua Hal Yang Menarik Tentang Umrah

Ada 2 hal yang menarik tentang umrah yang perlu diketahui. 
Pertama, umrah yang terpisah dari haji, yang dilaksanakan sepanjang tahun sesuai dengan kesepakatan semua madzhab ulama. Namun, waktu yang paling utama menurut Imamiyah adalah bulan Rajab. Sedangkan menurut yang lain adalah Umrah Ramadhan.
Kedua, umrah yang dilaksanakan bersama ibadah haji. Orang yang beribadah haji harus melakukan umrah terlebih dahulu, kemudian melakukan amalan-amalan haji dalam satu kali perjalanan, sebagaimana yang dilakukan oleh para jamaah yang datang dari berbagai negara yang jauh dari Makkah al-Mukarramah. Umrah ini dilaksanakan pada bulan-bulan haji. Pelaksanaan ibadah umrah yang dilakukan bersamaan dengan ibadah haji, sekaligus menggugurkan kewajiban umrah.

Sayyi Al-Khui membedakan antara umrah mufradah (terpisah dari haji) dengan umrah tamattu' (bersamaan dengn haji),yaitu:
  1. Thawaf seorang wanita wajib pada umrah mufradah, tetapi tidak wajib dalam umrah tamattu'. Sebagian ulama berpendapat bahwa tidak diperintahkan thawaf pada umrah tamattu' itu.
  2. Waktu umrah tamattu' dimulai dari awal bulan syawal sampai pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah. Sedangkan waktu umrah mufradah adalah sepanjang tahun.
  3. Orang yang melakukan umrah tamattu' hanya diperbolehkan memendekkan rambutnya saja. Sedangkan orang yang melakukan umrah mufradah boleh memilih antara memendekkan atau mencukur rambutnya.

Previous
Next Post »
0 Komentar